Kombinasi Dahsyat RSS dan Thunderbird

Ketinggalan berita? waduh jangan deh, tampak bodoh sekali kita saat bergaul dengan teman atau kolega kerja dan tidak bisa mengimbangi lawan bicara kita, bisa-bisa kita dianggap tidak mau tahu atau yang paling parah adalah bodoh.

Padahal kita tidak bodoh, tetapi pekerjaan yang begitu menumpuk membuat kita “terkadang” sulit untuk mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia bahkan untuk membaca KORAN sekalipun! ini fakta loh walau saya memberi kutipan kata terkadang diatas.

Lalu bagaimana caranya? gampang teman, ada teknologi bernama RSS (saya tidak peduli dengan kepanjangan RSS ini - lebih tepatnya tidak tahu hehehe). Kemudian anda harus memiliki sebuah software bernama Mozilla Thunderbird. Software ini sebetulnya memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima email namun dapat digunakan untuk RSS tadi.

Pertama kali Anda harus mengunduh program Mozilla Thunderbird lalu menginstall program tersebut hingga tuntas. Selesai terinstall, untuk Anda pengguna gmail Anda dapat menggunakan software ini sebagai alat penerima dan pengirim email yang sangat mudah dan hebat (tinggal add account dan ikuti alur yang ada).

Nah lalu bagaimana kombinasinya dengan RSS? mudah saja, Anda tinggal mencari situs penyedia berita yang memiliki fasilitas RSS. Sebagai contoh situs surat kabar terkemuka Indonesia KOMPAS. Yang tinggal Anda lakukan adalah masuk ke halaman RSS KOMPAS lalu Anda lihat ada kotak bertulisan RSS (ada banyak tapi saya sarankan yang paling atas atau get all tapi kalau mau pilih rubrik ya tunjuk kotak RSS rubrik yang Anda sukai) lalu klik kanan kotak tersebut lalu pilih copy link.

Setelah hal tersebut Anda lakukan, buka Thunderbird Anda, dan tunjuk foler News & Blog kemudian klik kanan pilih SUBSCRIBE kemudian klik Add. Lalu paste kan link RSS KOMPAS yang sudah Anda pilih di kolom feed RSS lalu centang pilihan show the article summary. lalu klik ok dan Mozilla akan memverifikasi link yang Anda masukkan tadi, jika langkah Anda sudah benar, Anda akan langsung mendapat suapan berita dari Kompas langsung ke inbox Anda. Mudah kaaaan?dan untuk mendapat berita yang lebih update lagi kedepannya, Anda tinggal tunjuk folder news & blog lalu klik get new message maka otomatis berita terbaru dari Kompas (jika ada) akan langsung mengalir tinggal dibaca dan menambah wawasan Anda.

Kalau menurut Anda trik ini Sulit, hm… mungkin karena saya yang tidak bisa menjelaskannya dengan baik, maklum saya bisa bukan karena ahli, tetapi sekali lagi; ide bodoh... HA..!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Risau NKRI - The Panas Dalam

Kisah Penyerangan Polisi Ke Fans Shop Viking Persib Club

Deva Travel Mengesalkan!