Nabung yu nabung

Menabung pangkal kaya, semua orang juga tahu itu, tapi apakah semua orang mampu melakukannya? saya rasa itu perkara lain.

Saya adalah salah satu orang yang pada awalnya sangat sulit menabung, padahal setiap pertengahan bulan saya selalu bertekad... "SAYA HARUS MENABUNG," tapi faktanya? hehehe... boro-boro nabung kadang suka gaet kiri kanan demi kelangsungan hidup dalam satu bulan.

Wah berarti gaji saya kecil dong? hm... mungkin ya, tapi saya punya teman yang gajinya lebih kecil dari saya tanpa penghasilan tambahan tetapi nyaman-nyaman saja tuh, sebaliknya saya punya teman yang gaji nya lebih besar dari saya, posisinya pun mantap, tetapi kehidupannya begitu-begitu saja, ya minimal sama seperti saya kadang di akhir bahkan dipertengahan bulan sudah mengeluh habis uang.

Ada yang salah disini, salah gaji? wah sadis juga kalau nyalahin gaji. salahin diri sendiri sepertinya lebih tepat dan saat ini adalah saat yang mantap untuk merubah segalanya.

Untuk tahap awal (saya kok seperti konsultan finansial ya? ah persetan, teori ini sudah saya praktikan dan terbukti kok) adalah Anda harus mengakui Anda dalam masalah (masalah susah nabung hihi..) dan Anda ingin berubah. Langkah berikutnya adalah Anda dapat mencari tahu program-program yang ditawarkan oleh bank-bank agar Anda dapat menabung. Program seperti apa sih? Program seperti Tabungan Rencana Mandiri (Bank Mandiri) dan Tabungan Pendidikan (Bank Niaga) dan masih banyak tabungan sejenis yang ditawarkan oleh bank-bank lainnya.

Bagaimana sistematisnya? Nah disini nih intinya. Semua orang pasti memiliki rekening bank (jika belum buka dong, masa nyimpen duit di bawah kasur :p) rekening bank ini saya sebut "Rekening Utama" (RU). Rekening ini biasanya tempat Anda menerima gaji dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Misal Anda menerima gaji Anda di Bank Mandiri (hm... Mandiri musti bayar gw nih, promosi nih promosi :D ) yang harus Anda lakukan adalah mendatangi Bank Mandiri dan bilang sama customer service-nya "mbak saya mau buka rencana tabungan mandiri nih" dan dipastikan Anda akan langsung dilayani dengan baik oleh CS-nya dan langsung di proses untuk memiliki rekening baru di Tabungan Rencana Mandiri (TRM). Bagaimana kerjanya TRM ini? (Sial...!!! Mandiri bener2 harus bayar gw atas postingan ini).

Jika Anda menerima gaji di Bank Mandiri setiap tanggal 1, Anda bisa meminta "bantuan" pada Bank Mandiri untuk memotong langsung gaji Anda dari Rekening Utama Anda, besarnya? terserah Anda, nominal terkecilnya adalah seratus ribu. Sampai kapan saya dipotong terus? terserah, jangka waktu terpendek adalah satu tahun. Tanggal berapa Rekening Utama saya dipotong untuk TRM? terserah Anda juga, tapi saya sarankan tiga hari setelah Anda menerima Gaji, jadi misal Anda menerima gaji tanggal 1, saya sarankan minta di potong oleh bank Mandiri setiap tanggal tiga. :D :D

Ilustrasi
Misal saya setiap bulan minta ke Bank Mandiri untuk dipotong sebesar seratus ribu setiap bulannya dalam jangka waktu satu tahun.
Hm... berarti setiap bulan selama satu tahun, Uang Anda akan dipotong sebesar 100rb. dan baru akan cair setelah satu tahun (anggap aja uang ilang tiap bulan 100rb) dan selama satu tahun saat jatuh tempo, secara otomatis, Uang yang hilang itu akan kembali dan masuk ke rekening kita langsung. 1.2jt plus bunga (ga usah di hitung bunganya lah) kan lumayan banget.

Teman saya yang pernah saya jelaskan seperti ini, rata-rata ketagihan untuk ikut program yang sama, karena mereka menyesal (kenapa tidak saya tabungkan saja 200rb/bln, 300rb/bln dari awal) sehingga saat jatuh tempo, uang yang diterima lebih besar lagi. hehehhe....

Segitu aja,kalau ada yang mau didiskusikan ayo aja, silakan, tapi saya bukan konsultan keuangan yah... hanya berdasar dari pengalaman saja, saling sharing.
hehehe... yu ah mang.

Buat Bank Mandiri, nanti saya kirim tagihan iklan nya, hehehehe....

Salam,
Ide Bodoh
Terkadang ide yang paling sederhana adalah jawaban tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Risau NKRI - The Panas Dalam

Kisah Penyerangan Polisi Ke Fans Shop Viking Persib Club

Deva Travel Mengesalkan!